Inilah 10 Aplikasi Mobile Banking Di Indonesia



Di era digital seperti sekarang ini kebutuhan akan handphone canggih atau smartphone menjadi sebuah kebutuhan. Tidak mengherankan jika smartphone laku keras dipasaran. Peminatnya tidak hanya kaum teenager yang terkadang kebutuhan smartphone hanya untuk gaya-gayaan, bahkan para pebisnis juga mulai memanfaatkan smartphone untuk mempermudah transaksi bisnisnya. Dapat dikatakan kebutuhan smartphone hampir menjamah semua kalangan.


Salah satu keunggulan memiliki smartphone, kita bisa melakukan transaksi perbankan dengan mudah di mana poun dan kapan pun kita mau. Melalui mobile banking yang bisa di download di handphone, kita bisa bertransaksi bisnis tanpa harus mengantre berjam-jam di bank. Layanan perbankan melalui ‘genggaman” ini akan membuat hidup lebih mudah dalam segala hal perbankan. Tidak hanya untuk bertransaksi bisnis lho, mobile banking memudahkan kita untuk  untuk membayarkan tagihan listrik rumah, air, atau bahkan kartu kredit, keren bukan?

 

Inilah 10 Aplikasi Mobile Banking Di Indonesia
Gambar ilustrasi

Mobile banking merupakan layanan yang diberikan kepada nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui ponsel pintar atau smartphone. Layanan mobile banking dapat digunakan dengan menggunakan menu yang sudah tersedia melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal oleh nasabah. Tidak perlu khawatir akan keamanannya karena beberapa layanan mobile banking sudah dilengkapi dengan sandi atau pasword untuk loggin akun mobile banking tersebut, bahkan ada layanan mobile banking menggunakan sidik jari untuk masuk ke akun mobile banking tersebut.

 

Biasanya orang akan menggunakan layanan mobile banking jika sudah membuka rekening di bank. Apakah kamu sudah memiliki rekening di bank? Jika sudah, coba nikamti layanan mobile banking yang dimiliki oleh bank tempat kamu membuka rekening. Berikut admin bagikan 10 aplikasi mobile banking di Indonesia yang bisa di download dan di instal di ponsel kamu. Mungkin salah satunya sudah kamu instal di HP kamu.

 

1. Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu Himpunan Bank Milik Negara (himbara) pada tahun 2020 meluncurkan aplikasi yang bernama Livin’ untuk memudahkan nasabahnya melakukan transaksi finansial. Kapan pun dan di mana pun kamu berada asalkan ada jaringan internet dengan mudah bisa cek saldo, limit, dan histori transaksi dengan aplikasi Livin'.

 

Melalui aplikasi Livin’ para nasabah Bank Mandiri bisa melakukan transfer uang, baik transfer ke sesama rekening mandiri maupun ke rekening bank lain, bahkan bisa juga transfer valuta asing lho. Tidak hanya untuk transfer uang, aplikasi Livin’ ini juga bisa digunakan untuk membuka rekening secara online, seperti membuka Mandiri Tabungan Rencana dan membuka Deposito.

 

Melalui aplikasi ini kamu bisa men-top up e-wallet (LinkAja, Go-Pay, Ovo, Dana) dan mandiri e-money. Bagi yang suka nonton film kamu bisa men-top up M-Tix melalui aplikasi Livin’. Perlu kamu ketahui M-Tix merupakan sebuah aplikasi khusus pembelian tiket online operator ternama, Cinema XXI. Fitur lainnya yang ditawarkan di Livin’ yakni pembelian pulsa HP, pembelian token listrik, dan pembelian paket data. Bagi yang suka main game, kamu bisa membeli voucher game di sini seperti voucher Google Play, Garena dan Unipin.

 

Bagi yang suka belanja online, aplikasi Livin’ juga menyediakan pembayaran toko online (E-Commerce) seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.ID dan Blibli.com.

 

2. Bank Negara Indonesia

Bank Negara Indonesia juga masuk Himbara ini tidak mau kalah dengan bank lainnya dengan meluncurkan aplikasi BNI mobile banking. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat beragam mulai dari buka rekening online dan transfer uang hingga pembayaran kartu kredit. Pembelian pulsa dan token listrik juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

 

Bagi yang suka traveling atau liburan, BNI mobile banking juga menyediakan layanan pembelian tiket kereta api dan tiket penerbangan. Bahkan aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pembayaran biaya pendidikan dan samsat serta top up e-wallet (dompet digital). Yang paling keren, transfer ke rekening BNI bisa juga dilakukan tanpa memasukkan nomor rekening. Transfer bisa dilakukan dengan cara scan QR, dan Upload QR.

 

3. Bank Rakyat Indonesia

Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan 2 aplikasi di smartphone yang bisa di download di PlayStore atau AppStore yakni BRI Mobile dan BRImo. Sama-sama sebagai produk aplikasi digital banking dari BRI, kedua aplikasi ini memiliki perbedaan lho.

 

Layanan yang dapat dinikmati dengan aplikasi BRI mobile meliputi internet banking, mobile banking, info BRI, dan call BRI. Sedangkan, pada aplikasi BRImo, tidak hanya bisa menikmati layanan mobile banking dan internet banking lho, tapi juga dilengkapi dengan fitur versi yang lebih modern, inovatif, dan lengkap sehingga mampu menunjang kebutuhan layanan perbankan di era digital saat ini, terutama di kalangan nasabah milenial.

 

BRImo dilengkapi dengan fitur fingerprint dan face recognition. Dengan fitur ini akan lebih praktis untuk melakukan login aplikasi. Seandainya lupa kode untuk masuk, bisa menggunakan fitur fingerprint atau fitur scan wajah. Hal ini semakin memudahkan kita ketika ingin bertransaksi sekaligus memberikan keamanan lebih terhadap penggunaan aplikasi ini.

 

Keunggulan dari aplikasi Brimo ini yakni bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu ATM lho. Ini sangat berguna ketika lupa membawa kartu ATM BRI. Caranya sangat mudah, pilih sumber rekening dan nominal dana yang ingin ditarik. Setelah itu, masukkan password BRImo yang nantinya akan mendapatkan kode tarik tunai. Selanjutnya, di ATM BRI terdekat dan masukkan kode tarik tunai tersebut untuk menarik uang.

 

Layanan lainnya yang diberikan aplikasi BRImo yakni pembelian tiket kereta, top up Saldo Go-Pay dan LinkAja, pembelian toke listrik.  Aplikasi BRImo ini tidak hanya untuk nasabah BRI aja lho, non-nasabah BRI juga bisa menikmati layanan yang ditawarkan aplikasi ini.

 

4. Bank Tabungan Negara

Himbara yang satu ini juga meluncurkan aplikasi Mobile Banking BTN untuk kenyaman para nasabahnya untuk melakukan transaksi dan layanan lainnya. Melalui ponsel, nasabah dapat dengan mudahnya melakukan berbagai layanan perbankan secara realtime, dimanapun dan kapanpun. Hampir ada 300 fitur yang disajikan oleh aplikasi mobile banking BTN, di antaranya pembayaran SPP ke sembilan universitas, pembayaran PDAM, pembelian voucer streaming, pembayaran BPJS dan lain-lain.

 

5. Bank BCA (Bank Central Asia)

Tidak hanya versi dashboard dengan meluncurkan klikBCA, Bank Central Asia (BCA) juga meluncurkan aplikasi berbasis Android dan IOS yang bisa diakses melalui ponsel atau smartphone yakni BCA mobile. Hampir sama seperti BRImo, BCA mobile juga menawarkan fitur tarik tunai tanpa kartu ATM. Ini sangat berguna bagi yang takut kartu ATMnya tertelan saat menarik uang di ATM. Tarik tunai tanpa kartu ATM sangat efektif untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening dengan cara skimming. Tidak hanya tarik tunai tanpa kartu ATM, setor tunai di ATM pun bisa dilakukan tanpa kartu ATM lho.

 

Layanan lainnya yang sangat menarik yang ditawarkan BCA mobile yakni pembayaran bisa dilakukan dengan scan kode QR. Bagi yang suka shoping sambil membawa smartphone, tidak perlu lagi ribet saat berada di kasir. Caranya pun sangat mudah, pilih menu QR di BCA Mobile, kemudian scan kode QR tujuan. Masukan nominal transfer dan juga nomor PIN m-BCA tunggu beberapa saat dan beres dah.

 

6. Bank DBS Indonesia

Bank yang didirikan pada 1989 ini juga menawarkan aplikasi digital yang bernama Digibank. Dengan aplikasi ini para nasabah Bank DBS Indonesia bisa menikmati layanan perbankan seperti informasi transaksi, pembukaan rekening hanya dengan sidik jari, membuka deposito melalui aplikasi, top up GO-PAY & e-Money, dan aktivasi kartu dan pembuatan PIN serta layanan lainnya tidak kalah menariknya.

 

7. Bank HSBC Holdings

Bank yang berdiri pada tahun 1865 diberi nama sesuai dengan tempat awal pendiriannya yakni Hongkong and Shanghai Banking Corporation. Bank yang pendiriannya digagas oleh Thomas Sutherland ini juga meluncurkan aplikasi yang bernama HSBC Mobile Banking.

 

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi HSBC Mobile Banking yakni Transfer antar rekening HSBC tanpa menggunakan HSBC token, top up e-wallet (DANA, GoPay, LinkAja, OVO dan ShopeePay) tanpa biaya administrasi, pembukaan rekening deposito dalam 12 pilihan mata uang, pembayaran tagihan kartu kredit HSBC, pembayaran tagihan telkom, pembayaran tagihan telepon selular (Telkomsel, Indosat, XL), Informasi nilai tukar valuta asing, Informasi suku bunga, Informasi penawaran promosi Perbankan dan Kartu Kredit HSBC, dan Informasi Produk HSBC (Perbankan dan Kartu Kredit).

 

Anda bingung mencari cabang dan HSBC ATM? Melalui aplikasi HSBC Mobile Banking kamu bisa mencari lokasi bank dan HSBC ATM terdekat. Untuk keamanan dan kenyamanan transaksi, HSBC Mobile Banking dilengkapi dengan Touch ID atau Face ID khusus untuk pengguna iPhone.

 

8. Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional)

Bank yang didirikan di Bandung pada tahun 1958 ini meluncurkan aplikasi berbasis Android dan IOS yang bernama Jenius. Aplikasi ini diluncurkan pada pada 11 Agustus 2016 ini merupakan aplikasi perbankan digital yang membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank.

 

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Jenius ini yakni tarik tunai, kirim uang, atau transaksi online/offline, memindahkan dana dari Saldo Aktif ke Kartu atau Save It, dan transaksi melalui QRIS mulai dari seribu rupiah hingga Rp 2 juta di semua jaringan QRIS seluruh Indonesia. Selain itu, kamu bisa juga melakukan top up e-Wallet (GoPay, OVO, DANA, LinkAja, M-Tix, BNI TapCash) dengan aplikasi Jenius ini.

 

Yang paling menarik dari aplikasi ini yakni kamu bisa mengontrol kartu debit, agar pengeluaran tidak kebablasan, kamu bebas mengatur saldo kartu sesuai kebutuhan. Lakukan top up untuk menambah saldo dan pilih refund untuk mengembalikan uang ke Saldo Aktif. Kamu juga bisa mengatur limit belanja dan limit penarikan harian untuk setiap Kartu Debit Jenius, sangat keren bukan?

 

9. Citibank

Citibank didirikan pada 1812 sebagai Bank Kota New York dan menjadi salah satu bank terbesar di Amerika Serikat. Kemudian pada 14 Juni 1968, Citibank hadir di Indonesia dengan menyediakan layanan perbankan harian, perusahaan dan investasi untuk para nasabahnya. Tidak mau ketinggalan dengan bank lainnya, Citibank juga meluncurkan aplikasi berbasis Android dan IOS yang bernama Citi Mobile Indonesia untuk memudahkan nasabah Citibank menikmati layanan perbankan.

 

Layanan yang ditawarkan oleh aplikasi Citi Mobile Indonesia yakni transfer dana (ke rekening Citibank lainnya, ke bank lain di Indonesia dengan Kliring (SKN), dan Real-time ke rekening Citibank di lebih dari 25 negara dengan Citibank Global Transfer). Jadi kita bisa dengan leluasa mentransfer dana di mana saja dan kapan saja ke tujuan Internasional, sangat keren bukan?

 

Selain itu, dengan aplikasi Citi Mobile Indonesia, para nasabah bisa mengecek saldo dan 3 transaksi terakhir Anda tanpa harus login, tukar poin reward, promo,  dan ATM dan kantor Citibank terdekat.

 

Aplikasi Citi Mobile Indonesia bisa digunakan untuk mengaktivasi kartu kredit (Kartu  Kredit Citi, Kartu Debet Citibank dan Kartu Citibank Ready Credit). Bagi yang ingin mengaktivasi kartu kredit Citibank tidak perlu repot-repot mengantre ke bank. Bahkan juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

 

10. Bank Danamon

Bank Danamon didirikan pada tanggal 16 Juli 1956 dengan nama PT Bank Kopra Indonesia. Kemudian pada tahun 1976, nama bank ini berubah menjadi PT Bank Danamon Indonesia. Seiring perkembangan teknologi digital yang makin pesat, untuk memudahkan para nasabah menikmati layanan perbankan, maka pada 30 Januari 2019 Bank Danamon secara resmi memperkenalkan aplikasi D-Bank yang bisa diunduh melalui Playstore atau Appstore.

 

D-Bank adalah aplikasi perbankan dari Danamon untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah Danamon untuk membuka rekening tabungan secara online dan untuk melakukan aktivitas perbankan sehari-hari. Tidak hanya menawarkan fitur transaksi perbankan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui telpon pintar, aplikasi D-Bank juga memberikan fitur pembukaan rekening bank secara online.

 

 

Nah itu 10 Aplikasi Mobile Banking Di Indonesia. Selain yang disebutkan di atas masih banyak aplikasi mobile banking yang ada di indonesia yang belum admin sebutkan. Di Indonesia terdapat sekitar 110 bank umum yang terdiri dari bank pemerintah, bank pembangunan daerah, bank swasta, kantor cabang bank asing, bank syariah pemerintah, dan bank syariah swasta). Tentunya bank-bank tersebut akan mengikuti perkembangan dunia digital agar tidak ketinggalan dengan bank-bank yang sudah go digital.


Tag : Aplikasi, Bank
Back To Top