Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya

Pada waktu akan memulai permainan di Mobile Legend, di awal-awal permainan (early game) diwajibkan untuk membeli gear (item) sepatu agar jalannya tidak seperti bekicot (lelet banget). Memilih atau membeli sepatu tidak boleh sembarangan karena akan mempengaruhi hasil permainan. Berikut admin bagikan 7 item sepatu di Mobile Legend (ML) beserta fungsinya.

Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya
Item sepatu di Mobile Legends


1. Warrior Boots (Anti Physical Damage)

Menggunakan sepatu ini akan memberikan tambahan +22 physical defense, ini berati Warrior Boots cocok digunakan untuk menahan serangan hero yang bertipe physical damage (misalnya miya, clint, lancelot, jawhead, dll). Selain itu, Warrior Boots juga akan memberikan tambahan +40 movement speed.

Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya
Sepatu Anti Pisikal

Pasif unik yang dimiliki oleh Warrior Boots yakni physical defense akan meningkat sebanyak 5 setiap kali menerima basic attack, maksimal hingga 25. Efek ini akan berlangsung selama 3 detik. Berdasarkan pasif unik yang dimilikinya, sepatu ini sangat cocok digunakan untuk menahan serangan hero role marksman (MM) yang lebih mengadalkan basic attack.

 

Tidak hanya digunakan oleh tank, sepatu ini juga bisa digunakan oleh hero role fighter dan assasin untuk menahan serangan basic attck dari MM (khusus MM tipe physical damage bukan tipe magical damage.

 

2. Tough Boots (Anti Magic Damage)

Kebalikan dari warrior boots, Tough Boots cocok digunakan untuk menahan serangan hero yang memiliki tife magical damage karena sepatu ini akan memberikan tambahan pertahanan +22 magical defense (seperti eudora, aurora, gusion, gatotkaca, dll)

 

Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya
Sepatu Anti Magical

Selain itu sepatu ini juga membawa item tambahan +40 movement speed. Pasif unik yang dimiliki oleh sepatu ini adalah durasi efek Crowd Control (CC) yang diterima berkurang sebesar 30%. Berdasarkan pasif unik yang dimilikinya, sepatu ini sangat cocok digunakan untuk menahan serangan hero yang mengandalkan CC seperti Silvana, Guinevere, Akai, dan lain lain.

 

3. Magic Shoes (Sepatu Cooldown)

Magic Shoes digunakan untuk hero-hero yang memiliki skil dengan cooldown (CD) yang cukup lama. Sepatu ini akan mengurangi cooldown skil sebesar 10% dan atribut tambahan movement speed sebesar +40. 

Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya
Sepatu Cooldown


Misalkan ultimate Granger (Death Sonata) memiliki cooldown sebesar 60 detik di early game (skill level 1), jika menggunakan Magic Shoes akan mengurangi cooldownnya sebesar 6 detik sehingga CD nya menjadi 54 detik.

 

4. Arcane Boots (Anti Magical Defense)

Sebenarnya sepatu ini digunakan untuk mengkonter dari Tough Boots, jika ada tank atau hero menggunakan Tough Boots sehingga kebal dari serangan Magical Damage, maka untuk menangkalnya dapat menggunakan Arcane Boots yang memberikan +15 magical peneterasi. Selain itu sepatu ini juga memberikan tambahan movement speed sebesar +40.

Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya
Sepatu Anti Magical

Sepatu ini sering digunakan oleh hero-hero yang memiliki magical damage yang harus berhadapan dengan tank yang menggunakan magical defense  seperti eudora, aurora, dan lain-lain.

 

5. Swift Boots (Sepatu Attack Cepat)

Sepatu yang satu ini sangat cocok digunakan oleh hero role marksman karena hero dengan role ini lebih banyak menggunakan basic attack daripada menggunakan skill nya. Basic attack yang cepat akan lebih mudah meratakan pertahanan musuh.

Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya
Sepatu Attack Cepat

Untuk itu Swift Boots sangat diperlukan oleh hero-hero yang mengandalkan basic attack karena memberikan tambahan +15% attack speed. Hero yang cocok menggunakan sepatu ini yakni Miya, Laila, Hanabi, Irithel, Roger, Sun, Bruno, Moskov, dan lain-lain.

 

6. Rapid Boots (Sepatu Lari Cepat)

Hero yang digunakan jalannya lambat? Rapid Boots solusinya. Sepatu ini akan memberikan +80 movement speed (dijamin langsung meluncur ke TKP). Tidak hanya cocok digunakan untuk hero yang berjalan lambat, Rapid Boots juga bisa digunakan untuk hero-hero yang suka  roaming (penjelajah) dari satu lane ke lane lainnya. Tank juga bisa menggunakan sepatu ini agar lebih cepat memberikan pertolongan ke tim yang sedang war atau terkena gangking. 

Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya
Sepatu Lari Cepat

Hanya saja sepatu ini memiliki kekurangan yakni jika hero pengguna sepatu ini menerima atau memberikan damage akan mengurangi movement speednya sebesar 40, sehingga movement speednya menjadi 40.

 

7. Demon Shoes (Sepatu Mana)

Sepatu yang satu ini sangat cocok digunakan untuk hero-hero yang sangat boros penggunaan Mana seperti Tigreal, Bane, Eudora, Nana, dan lain-lain. Demon Shoes akan memberikan +6 Mana regen dan +40 movement speed.

Inilah 7 Item Sepatu Mobile Legend dan Fungsinya
Sepatu Manna

Pasif unik yang dimiliki oleh Demon Shoes yakni ketika megeliminasi hero lawan atau mendapatkan asist akan memulihkan Mana sebesar 10%. Jika mengeliminasi minion akan memulihkan mana sebesar 4%.

 

Catatan**

Di late game, sepatu yang digunakan bisa dijual karena di late game tidak membutuhkan movemet speed, terkecuali sedang melakukan split push. Permainan di late game tidak seperti di early game yang lebih dominan menjaga lane agar turret tidak jebol (hancur), tetapi lebih mengarah ke war atau gangking. Musuh pun sudah mulai mengumpul dan tidak memencar untuk menghindari gangking. Sangat efektif jika sepatu yang digunakan di late game dijual dan diganti dengan gear (item) pertahanan (defense) sesuai kebutuhan.