Inilah 15 Bank Digital Yang Ada di Indonesia

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, layanan perbankan Indonesia banyak beralih ke bank digital. Tentunya ini menjadikan bank digital di Indonesia kini semakin populer di kalangan masyarakat terutama kaum milenial. Saking populernya pihak Otoritas Jasa Keuangan atau yang disingkat OJK telah mengeluarkan peraturan tentang bank umum yang didalamnya juga menjelaskan tentang bank digital.

Berdasarkan Peraturan OJK nomor 12/POJK.03/2021 tentang Bank Umum pada pasal 1 nomor 22 disebutkan bahwa bank digital adalah bank berbadan hukum Indonesia yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha terutama lewat saluran elektronik tanpa kantor fisik selain kantor pusat atau menggunakan kantor fisik terbatas. Berdasarkan pengertian tersebut bank digital pendaftarannya bisa dilakukan secara online tanpa harus mendatangi kantor cabang atau kantor pusat.

 

Peminat bank digital sangat tinggi di Indonesia ini terbukti bank-bank konvensional mulai meluncurkan bank digital lengkap dengan aplikasinya agar memudahkan masyarakat untuk membuka rekening cukup melalui Handphone mereka. Berikut Admin bagikan 15 bank digital yang ada di Indonesia.

Inilah 15 Bank Digital Yang Ada di Indonesia
Aplikasi Bank Digital


1. TMRW ID By Bank UOB

United Overseas Bank (UOB) untuk wilayah Indonesia memperkenalkan tabungan baru bernama TMRW ID yang merupakan singkatan dari ToMorRoW. Membuka rekening di TMRW ID akan diberikan bonus saldo GoPay sebesar Rp200.000 setelah menjaga saldo harian setidaknya Rp2.000.000 (2 Juta Rupiah) dan melakukan minimum 2 transaksi dengan App/Kartu Debit/QR TMRW dalam 30 hari setelah rekening kamu dibuka dengan menggunakan Kode Refferal M01390119400 (sampai dengan 30 Jun 2022)

 

2. Blu By Bank BCA

Bank BCA juga mengeluarkan Bank Digital yang bernama Blu. Membuka akun di Blu BCA kamu akan mendapatkan saldo Rp 25K setelah membuka rekening dan melakukan top up sebesar Rp 250K dengan menggunakan kode Refferal (bisa menggunakan kode Refferal Admin yakni IMADEVGMY)

 

3. CommBank (CommonWealth Bank)

PT. Bank Commonwealth (“Bank Commonwealth”) adalah anak perusahaan dari Commonwealth Bank of Australia (CBA) yang berbasis di Sydney, yang merupakan institusi keuangan publik terbesar di Australia yang terdaftar pada Australia Securities Exchange (ASX). Bank ini juga meluncurkan bank digital dengan aplikasinya yang bernama CommBank. Kamu bisa mendapatkan saldo e-wallet total Rp50 ribu membuka rekening dan nabung di GoalSaver CommBank Mobile dengan menggunakan kode Refferal: EYFE6SX

 

4. Jago (Bank Jago)

Sebelumnya dikenal sebagai PT Bank Artos Indonesia Tbk (Bank Artos). Kemudian pada tahun 2020 menjadi PT Bank Jago Tbk. Pada 2021, GIC Private Limited memberikan komitmen dengan menyuntikkan dana untuk memperkuat Jago dalam berinovasi memberikan solusi keuangan digital terbaik.

Jika kamu mendaftar Bank Jago melalui Aplikasi Bibit akan mendapatkan bonus sebesar Rp 40.000 (Rp 25k dari App Bibit dan 15K dari Bank Jago) dengan menggunakan kode refferal bonuscuan25ribu pada saat pendaftaran App Bibit dengan syarat harus berinvestasi minimal Rp200.000 untuk pembelian pertama di aplikasi Bibit.

 

5. Jenius (Bank BTN)

Jenius merupakan aplikasi bank digital yang diluncurkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).  Aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank. Semua dilakukan dari satu tempat, dari ponsel, baik yang berbasis Android maupun iOS

 

6. Line Bank by Hanna Bank

Kamu pasti tahu atau pernah menggunakan Line (aplikasi sosial media yang bisa digunakan untuk chat). Pemiliki aplikasi Line (Line Corporation) ini bekerja sama dengan Hana Bank dan meluncurkan aplikasi Line Bank pada tanggal 10 Juni 2021 dan menjadi bank digital yang cukup diminati. Aplikasi Line Bank bisa didownload pada gadget dengan system operasi iOS maupun Android. Adapun layanan yang bisa dinikmati pada bank digital ini yakni tarik tunai, transfer, hingga membayar tagihan.

 

Bagi pengguna baru yang membuka rekening di Line Bank akan mendapatkan dapatkan cashback Rp50.000 jika menempatan dana minimum Rp500K selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak pembukaan rekening dan melakukan transaksi pembayaran tagihan (tagihan listrik, token listrik, telepon selular, pulsa/data telepon selular) minimum Rp50K melalui aplikasi LINE Bank selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender sejak pembukaan rekening (event ini berlaku hingga 31 Maret 2022)

 

7. M2U ID by Maybank

M2U ID merupakan aplikasi bank digital milik PT Bank Maybank Indonesia Tbk. Melalui aplikasi ini bisa membuka rekening Maybank tanpa harus repot-repot ke kantor cabang. Cukup dengan HP kamu sudah bisa memiliki rekening bank ini. Jika membuka rekening Maybank Tabungan U atau U iB di aplikasi M2U ID dengan menggunakan kode refferal SHOPEE50 kamu bisa mendapatkan E-voucher Shopee sebesar 50K.

 

8. Motion Bank

Motion Banking adalah aplikasi digital banking yang diluncurkan oleh MNC Bank. Motion banking hadir untuk menyatukan berbagai aplikasi MNC bank dan fitur perbankan lainnya (integrated banking service) dalam bentuk aplikasi yang mudah diakses dan penuh fitur unggulan. Mulai dari tabungan, transfer, pembayaran, kartu kredit, dan lain-lain. Jika kamu membuka rekening di Motion Banking dengan menggunakan kode refferal 01IMAZBH1 akan mendapatkan saldo sebesar Rp 10K.

 

9. Neobank By Bank Neo Commerce

Awalnya bernama PT Bank Yudha Bhakti kemudian berganti nama menjadi PT Bank Neo Commerce Tbk pada tahun 2020 dan menjadi bank digital yang siap melayani kebutuhan nasabah di segmen pasar milenial. Jika kamu membuka rekening dengan menggunakan kode refferal SRBAL2 kamu akan berkesempatan mendapatkan saldo sebesar Rp 25K dengan melakukan top up sebesar Rp 100K selama 7 hari.

 

10. Nyala by OCBC NISP

NYALA adalah layanan perbankan bagi kamu, generasi muda Indonesia yang ingin mengelola keuangan & mengoptimalkan dana berbasis digital melalui ONe Mobile dari seluruh pelosok Indonesia.

 

11. Seabank (Bank SeaBank Indonesia)

SeaBank adalah aplikasi perbankan digital yang diluncurkan oleh PT Bank Seabank Indonesia. Aplikasi ini membantu kamu dalam melakukan aktivitas finansial, mulai dari menabung hingga bertransaksi, melalui handphone kapan pun dan di mana pun. Produk perdana SeaBank adalah rekening tabungan, yang dapat mempermudah pengelolaan aktivitas finansial harian dan  menyediakan tabungan dalam satu rekening dengan bunga yang tinggi.

 

12. SOL By Shinhan Bank

SOL merupakan aplikasi bank digital milik Shinhan Bank. Aplikasi ini menggantikan aplikasi Mobile Banking Shinhan Banking Indonesia (S-Bank). SOL tidak hanya membawa teknologi dan fitur terbaru untuk memastikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah, namun juga menambah aspek keamanan ke dalam platform-nya

 

13. PermataMobile X

Permata Bank menghadirkan aplikasi PermataMobile X sebagai inovasi masa depan digital banking di Indonesia. Banyak fitur yang ditawarkan diaplikasi ini seperti pembukaan rekening giro, tabungan, deposito berjangka, reksa dana dan obligasi.

 

14. Wokee+ By Bank Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk kian serius memasuki industri keuangan digital yang direalisasikan dengan peluncuran bank digital melalui aplikasi Wokee+ (Wokee Plus). Dapat dikatakan Wokee merupakan tabungan digital yang memberikan solusi lengkap kepada nasabah untuk memenuhi segala kebutuhan finansial kapanpun dan dimanapun.

 

15. Digibank By Bank DBS Indonesia

Digibank merupakan aplikasi bank digital milik Bank DBS Indonesia. Melalui aplikasi ini kamu bisa buka rekening dan nikmati gratis transfer ke bank mana pun ke lebih dari 20 negara. Melalui aplikasi, kamu dapat ajukan Kartu Kredit dan gunakan sesuai kebutuhanmu.

 

Nah itu 15 bank digital yang ada di Indonesia. Selain yang disebutkan di atas masih banyak bank digital di Indonesia yang belum admin sebutkan yang akan dibahas pada kesempata berikutnya. Terima kasih atas kunjungannya.