Hati Hati Dalam Memilih Domain

Image by Rama
Hai sobat.. kembali lagi dengan saya di RamaSharing.
Kali ini saya akan membahas tentang pemilihan domain







Apa itu Domain ?

Dikutip dari Wikipedia, Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. (wikipedia.org)

Domain Gratisan

Domain gratisan merupakan domain yang sangat banyak diminati oleh para blogger, mengapa disebut gratisan ? ya karena mendapatkannya dengan gratis. Domain gratisan memiliki banyak kekurangan, contohnya :
  1. Tidak bertahan lama. Biasanya domain gratisan tidak bertahan lama, hanya gratis pada masa tertentu, misalnya gratis hanya 1 tahun, 2 tahun atau berapapun. biasanya setelah masa gratisnya habis, kita harus memperpanjang domain tersebut atau kita tidak bisa menggunakannya kembali.
  2. Tidak Terindeks mesin pencari. Biasanya domain gratisan juga tidak terindek oleh mesin pencari, apa kalian pernah lihat beberapa bahkan satu web pun dengan domain .co.vu atau .tk pernah memasuki google, page one google ? sepertinya saya sendiripun belum pernah melihatnya.
  3. Pageview Turun. Seiring pergantian domain, apalagi ke domain gratisan, pengunjung tidak lagi akan percaya kepada kualitas blog kita, dengan begitu, blog kita akan dipandang menjadi blog tidak bermodal.

Domain Hasil Carding

Dari artikel yang saya kutip dari anydotcom.wordpress.com, Carding merupakan salah satu kejahatan di internet yang berupa penipuan dalam proses perbelanjaan, yaitu dengan berbelanja mengguakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain yang diperoleh secara illegal dan biasanya dengan mencuri data di internet. Beberapa kerugian domain hasil carding.
  1. Tidak Bertahan Lama, domain hasil carding biasanya hanya bertahan selama 3 hari, setelah itu biasanya domain tersebut akan redirect ke tempat penyedia domain itu sendiri
  2. Harga Murah, Kualitas Rendah. walau harganya murah, tapi kualitasnya sangat rendah, sama saja kita buang buang uang untuk membeli domain yang buruk.

Domain Yang Baik

Beberapa domain yang saya sarankan :
  • Beli Sendiri
  • Domain yang disediakan oleh platfrom blog itu sendiri (blogspot, wordpress, dll)
  • Beli dari teman, tetapi harga yang wajar (biasanya paling murah Rp 80.000 sampai 100.000)