PES 2014 vs FIFA 14 | Pilih yang mana ?


Waktu itu di FB banyak banget di forum forum gaming yang nanya perbandingannya PES 2014 sama FIFA 14

Gan, apa sih kelebihan PES 2014 dan FIFA 14, dan apa juga kekurangannya ?. Soalnya ane lagi bingung pilih pilih antara 2 game itu...
PES 2014 vs FIFA 14 | Pilih yang mana ?
FIFA 14 dan PES 2014

Perbedaan pembuatnya


PES 2014 atau Pro Evolution Soccer 2014 merupakan video game buatan KONAMI yang dibantu oleh FOX Engine...

Sedangkan FIFA 14 adalah video game buatan Electronic Arts Sport.


Lisensi


Jika dibandingkan dalam hal Lisensi, tentu EA Sport dapat diunggulkan, karena memiliki lisensi langsung dari FIFA, badan sepakbola tertinggi, sehingga EA Sprot tidak perlu bersusah payah untuk mencari lisensi ke klub klub dunia.

Dalam masalah Lisensi, PES 2014 kalah jauh dibandingkan FIFA 14, karena PES 2014 minim lisensi, terutama di liga EPL, hanya Manchester United yang memberi Lisensi pada KONAMI.
Jadi di segi Lisensi, FIFA 14 lebih Unggul ketimbang PES 2014


Kualitas Grafis


Inilah hal yang sangat diutamakan saat bermain game, karena kualitas grafis dari sebuah video game dapat membuat game tersebut lebih menarik.
Grafis FIFA 14 tak jauh berebda dengan pendahulunya, yaitu FIFA 13, tidak ada perombakan besar yang dilakukan oleh EA Sport, mungkin karena peminat FIFA sudah "betah" dengan grafis FIFA saat ini yang mungkin dapat menyaingi PES.

Dalam segi grafis, menurut saya PES 2014 unggul daripada FIFA 14, tetapi hanya beberapa pemain di PES 2014 yang facenya serupa dengan aslinya, beberapa pemain lain wajahnya kurang mirip dengan wajah aslinya, tetapi wajah pemain seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo detailnya sangatlah bagus.
Jadi di segi Grafis, Menurut saya PES 2014 lebih unggul ketimbang FIFA 14


Gameplay


Setelah grafis, hal ini sangatlah penting bagi gamers pecinta game bola, tapi dalam hal yang satu ini saya tidak bisa memberi kesimpulan karena kesukaan seseorang terhadap suatu gameplay berbeda beda.
Menurut saya yang sejak dulu setia bermain PES, dan pertama kali saya main FIFA 14, saya merasa gameplaynya tidak terlalu berbeda dengan PES 2014, di FIFA 14 sepertinya pemain lebih bebas nge-sprint ketimbang di PES 2014.

Sebagai peminat setia PES, tentunya saya sangan loyal pada PES, setelah FOX Engine memegang kendali PES, gameplay PES mendapat banyak perombakan, saat pertama kali bermain PES 2014, saya kebingungan dengan gameplaynya, tapi lama lama saya terbiasa dan akhirnya bisa klop dengan gampleaynya
Jadi di segi Gameplay (menurut saya) PES 2014 dan FIFA 14 bisa dikatakan imbang.


Kesimpulannya


Saya tidak bisa membuat kesimpulan yang manakah yang lebih bagus.. karena menurut saya 2 game ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, jadi hanya jika anda memainkannya, adna bisa menilainya sendiri
Menurut saya PES 2014 masih tetap jadi pilihan saya